Kamis, 09 Maret 2017

Jadi dewasa itu...


Postingan kali ini akan lebih banyak keluh kesah gue, mungkin lo juga pernah rasain atau justru lo lagi rasain sekarang kaya gue. Mungkin tulisan gue ini bisa mewakili apa yang lagi kita rasain.

Jadi, saat ini usia gue udah hampir masuk 20 tahun (hampir yaa, gue belum setua itu), dan gue sekarang lagi kuliah semester 6. Dan gatau kenapa sekarang ini gue udah ngerasain kalo banyak sekali hal yang gue sesalkan. Banyak kegagalan dan hal memalukan yang udah gue alami. Dan banyak gebetan yang akhirnya hanya jadi mantan gebetan(Ngomong apaan??). Dulu, gue kira jadi seorang mahasiswa itu menyenangkan, sekarang? Menyenangkan dari Afrika?! Gue sekarang malah pengen jadi anak kecil aja, karena setelah gue pikir-pikir jadi anak kecil itu berkali-kali lipat lebih menyenangkan daripada menjadi orang dewasa.

Tapi jujur, gue sendiri gak ngerasa udah dewasa sih, mungkin sebenernya gue cuma berpura-pura dewasa aja. Banyak keputusan atau sikap gue yang jujur aja terkadang gue paksakan supaya terlihat dewasa. Banyak sikap gue yang sebenernya malah bikin gue sakit hati tapi tetep gue lakuin. Karena kalo gue nurutin kemauan gue, kemungkinan gue malah dibilang kekanak-kanakan. Tapi bukan berarti gue manusia bermuka dua, gue punya alasan buat itu semua. Alasannya yaa mungkin sekarang masih gue paksakan, gue berharap suatu saat bisa jadi kebiasaan dan gue bisa jadi dewasa dengan sendirinya.

Menjadi dewasa buat gue berarti tanggung jawab yang gue pikul jadi lebih banyak. Gue harus bisa mandiri dan ngurus semua hal sendirian. Jadi dewasa juga berarti jadi lebih bijak dalam berperilaku. Beda sama waktu lo kecil yang bisa dibilang bebas lakuin apa aja. Mau jungkir balik waktu ada tamu, pipis diarah-arahin, abis mandi lari-lari gak pake baju tititnya kemana-mana, bebass!! Nah coba lo lakuin itu sekarang. Paling lo dikira orang gila sama orang-orang. Intinya, lo harus bisa menentukan sikap mana yang bisa lo lakukan dan gak bisa lo lakukan karena ada yang namanya ‘norma’. Bukan cuma sikap, bahkan cara berpakaian/berpenampilan pun harus sesuai dengan kemauan orang-orang di lingkungan sekitar lo. Tapi saran gue, pake aja pakaian yang menurut lo nyaman dipake. Kalo lo pagi-pagi lebih nyaman sarungan tanpa pake celana pendek atau yang lainnya, ya silahkan. Yang penting gak bugil, itu aja.

Menjadi dewasa juga berarti banyak yang harus lo bisa buktiiin ke orang lain. Buktiin apaan? Buktiin cinta ke gebetan? Bukann!!! Itu masuk juga sih, tapi maksud gue lebih luas dari itu, buktiin kalo lo bisa ngelakuin sesuatu yang berguna buat orang-orang disekitar lo. Ini yang menurut gue paling berat. Buat buktiin sesuatu pasti butuh pengorbanan. Waktu, tenaga, dan pikiran. Capek !!

Jadi dewasa emang melelahkan apalagi kalo lagi punya masalah. Masalah gimana maksudnya? Intinya yaa saat yang terjadi di kenyataan gak sesuai dengan apa yang gue harapkan, apalagi kalo masalah cinta sama perasaan...taek lah pokoknya. Susah diselesein masalah gituan mah. Dan sebesar apapun masalah gue, kalo itu masalah pribadi ya gue harus menyelesaikannya sendiri, menentukan pilihan sendiri, dan tanggung jawab sendiri.

Dunia orang dewasa banyak sekali yang bikin gue gak nyaman. Terlalu banyak kebohongan. Beda dengan dunia anak kecil yang damai, polos karena belum mengerti banyak hal. Disini gue ngerti satu hal, gak ngerti tentang sesuatu kadang lebih baik. Gak ngerti tentang ‘pacar’ dan ‘pacaran’ misalnya. Oke, tanpa bermaksud negatif sedikitpun, gue cuma mau bilang betapa indahnya dunia anak kecil yang gak kenal kata ‘pacar’ dan ‘pacaran’. Gue bilang gini bukan karena gue lagi jomblo, bukannnn! Tapi coba deh lo liat anak kecil. Main sepuasnya tanpa bedain satu sama lain. No enemies, just friends...

Tapi pada akhirnya mau gak mau harus memaksakan diri kita buat dewasa, life must go on. Gak bisa gue stuck terus-terusan,gue harus tumbuh jadi pribadi yang lebih baik lagi !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar